googlee1ba404c69acd72d.html AMALAN AMPUH DAN DOA-DOA: PENGERTIAN MAKRIFAT dan TAJALLI
PPC Iklan Blogger Indonesia

PENGERTIAN MAKRIFAT dan TAJALLI

Saturday, July 6, 2013



PENGERTIAN MAKRIFAT dan TAJALLI

      Makrifat adalah sumber utama mencapai tajalli,takhali dan tahali.Tapi bagaimana bisa mencapai makrifat kalau tidak bertarekat.Artinya bertarekat dahulu,agar dapat memecahkan satu rekor,yaitu makrifat,makrifat adalah bertambahnya pengertian dan pangaweruh.Apa kewajiban hamba kepada tuhannya serta apa kewajiban makhluk terhadap Khaliknya.

      Pengertian diantara hubungan makhluk dan khalik disebut makrifat.Disinilah letak perjalanan itu,Kalau sudah bisa menggapainya niscaya akan merasakan tajalli,kalau sudah bisa merasakan tajalli akan takhali,dan sebagainya sesuai kenaikan berzikir dalam makrifat.

     Tajalli itu artinya meraih kemuliaan disisi Allah,Atau keluhuran,saat mencapai tingkatan itu,hati akan merasa sepi,yaitu sepi ing pamrih rame ing gawe.Namun yang sebenarnya,makna tajalli sangat luas,ini bahasa tasawuf dalam tarekat.

      Kalau hati bisa meletakan sepi selain Allah itu artinya akan menemukan satu takhalli.yaitu satu kenikmatan ,kelezatan,ssatu kemanisan karena bisa melepaskan semuanya selain Allah dan rasul-Nya.
Tapi bagaimana kita bisa mencapai tajalli.takhalli,tahalli dan sebagainya tanpa berangkat dari makrifat terlebih dahulu? mana mungkin akan mencapai makrifat tanpa dari tarekat itu sendiri? Karena semua itu buah tarekat.

      Baik tahalli,takhalli maupun tajalli itu adalah buah tarekat,Dan tarekat adalah buah syariat,jadi tak bisa dipisah-pisahkan syariat,tarekat dan hakikat,hakikat menemukan mutiaranya ,Untuk bisa mencapai hakikat menemukan mutiaranya,mestinya harus pandai menyelam,Nah adanya mutiara itu pasti ditengah lautan yang memerlukan syariat,syariat adalah lautnya dan perjalanannya untuk mencapai ketengah lautan itu adalah tarekat.

Drmikian pengertian makrifat dan tajalli,semoga bermanfaat.

0 comments

Followers