googlee1ba404c69acd72d.html AMALAN AMPUH DAN DOA-DOA: SURAH AT TAKAATSUR DAN TERJEMAHANNYA
PPC Iklan Blogger Indonesia

SURAH AT TAKAATSUR DAN TERJEMAHANNYA

Tuesday, May 28, 2013



SURAH AT TAKAATSUR DAN TERJEMAHANNYA
Surat At Takaatsur terdiri atas 8 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Al Kautsar. Dinamai At Takaatsur (bermegah-megahan) diambil dari perkataan At Takaatsur yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

Pokok-pokok isinya:
Keinginan manusia untuk bermegah-megahan dalam soal duniawi, sering melalaikan manusia dari tujuan hidupnya. Dia baru menyadari kesalahannya itu setelah maut mendatanginya; manusia akan ditanya di akhirat tentang nikmat yang dibangga-banggakannya.


Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

ANCAMAN ALLAH TERHADAP ORANG YANG LALAI DAN BERMEGAH-MEGAHAN
1.       Bermegah-megahan telah melalaikan kamu. Maksudnya: bermegah-megahan dalam soal banyak harta, anak, pengikut, kemuliaan, dan seumpamanya telah melalaikan kamu dari ketaatan.
2.       Sampai kamu masuk ke dalam kubur.
3.       Janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu),
4.       Dan janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui.
5.       Janganlah begitu, jika kamu mengetahui dengan pengetahuan yang yakin,
6.       Niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahiim, Ainul yaqin artinya melihat dengan mata kepala sendiri sehingga menimbulkan keyakinan yang kuat.
7.       Dan sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan 'ainul yaqin
8.       kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia itu).

Surat ini mengemukakan celaan dan ancaman terhadap orang-orang yang bermegah-megahan dengan apa yang diperolehnya dan tidak membelanjakannya di jalan Allah. Mereka pasti diazab dan pasti akan ditanya tentang apa yang dimegah-megahkannya itu.

HUBUNGAN SURAT AT TAAKATSUR DENGAN SURAT AL 'ASHR

1. Pada surat At Taakatsur Allah menerangkan keadaan orang yang bermegah-megahan dan disibukkan oleh harta harta benda sehingga lupa mengingat Allah, sedang surat Al 'Ashr menerangkan bahwa manusia akan merugi, kecuali mereka beriman, beramal saleh dan nasehat menasehati dalam kebenaran dan kesabaran.

2. Pada surat At Taakatsur Allah menerangkan sifat orang yang mengikuti hawa nafsunya, sedang pada surat Al 'Ashr menerangkan sifat orang-orang yang tidak merugi.

0 comments

Followers